TUTORIAL MEMBUAT THRESHOLDING CITRA DIGITAL (PROGRAM MATLAB) - Media Informasi

Media Informasi

Trend Teknologi dan Informasi jaman now

menu

Senin, 02 Maret 2020

TUTORIAL MEMBUAT THRESHOLDING CITRA DIGITAL (PROGRAM MATLAB)




Thresholding merupakan salah satu metode segmentasi citra di mana prosesnya didasarkan pada perbedaan derajat keabuan citra.



Berikut tatacara membuat thresholding citra digital menggunakan program Matlab.

Langkah pertama dengan cara pilih menu home, pilih menu New kemudian pilih Graphical User Interface. Setelah muncul kita pilih Create New GUI plih Black GUI (Default) kemudian klik OK.



 Langkakh kedua kita membuat desain tampilan terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini.



 Kemudian kita ubah pengaturan Property Inspestor pada tampilan dengan cara klik menu view. Ubah sesuai dengan ketentuan dibawah ini :

NO
Nama Komponen
Property
Nilai
1
Pushbutton
String
Tag
Open Image
Pushbutton 1
2
Pushbutton
String
Tag
Grayscale
Pushbutton 2
3
Pushbutton
String
Tag
Save
Pushbutton 3
4
Slider
Min
Max
Tag
0
255
Slider1
5
Edit Text
String
<kosongkan>

Maka tampilan akan berubah seperti dibawah ini :




Langkah selanjutnya kita tampilkan source coding dengan cara menyimpan terlebih dahulu projek yang kita buat agar source coding bawaan muncul. Atau dengan cara mengklik kanan salah satu Push Button kemudian pilih View Callbacks pilih Callback.



Langkah selanjutnya kita masukan source coding disetiap komponen agar dapat berjalan sesuai perintah.

1.    Source Coding Pushbutton 1
(Open Image)

function pushbutton1_Callback(hObject, eventdata, handles)
[name_file1,name_path1] = uigetfile( ...
    {'*.bmp;*.jpg;*.tif','files of type (*.bmp,*.jpg,*.tif)';
    '*.bmp','file Bitmap (*.bmp)';...
     '*.jpg','file jpeg (*.jpg)';...
    '*.tif','file Tif (*.tif)';...
    '*.*','all files (*.*) '},...
    'Open Image');

if ~isequal(name_file1,0)
    handles.data1=imread (fullfile(name_path1,name_file1));
    guidata (hObject, handles);
    axes (handles.axes1);
    imshow (handles.data1);
else
    return;
end

2.      Source Coding Pushbutton 2 (Grayscale)

function pushbutton2_Callback(hObject, eventdata, handles)
image1=handles.data1;
gray = rgb2gray(image1);
axes(handles.axes2);
imshow(gray);
handles.data2 = gray;
guidata (hObject,handles);

3.      Slider 1
function slider1_Callback(hObject, eventdata, handles)
gray = handles.data2;
value = get (handles.slider1,'value');
thresh = imcomplement (im2bw(gray,value/255));
axes(handles.axes2);
imshow(thresh);
handles.data3=thresh;
guidata(hObject,handles);
set (handles.edit1,'string',value)

function slider1_CreateFcn(hObject, eventdata, handles)

if isequal(get(hObject,'BackgroundColor'), get(0,'defaultUicontrolBackgroundColor'))
    set(hObject,'BackgroundColor',[.9 .9 .9]);
end

4.      Source Coding Pushbutton 3 (Save)

function pushbutton3_Callback(hObject, eventdata, handles)
thresh = handles.data3;
[name_file_save,path_save] = uiputfile(...
     {'*.bmp','File Bitmap (*.bmp)';...
     '*.jpg','File jpeg (*.jpg)';...
    '*.tif','File Tif (*.tif)';...
    '*.*','All files (*.*) '},...
    'Save Image');
if ~isequal (name_file_save,0)
    imwrite (thresh,fullfile(path_save,name_file_save));
else
    return
end



Selanjutnya kita RUN, dengan cara pilih menu editor kemudian pilih menu RUN atau dengan cara mengklik f5 pada keyboard.


Untuk mencoba apakah program berjalan atau tidak kita klik open image
 pilih gambar yang anda sukai kemudian klik open. jika program berhasil maka gambar yang telah dipilih akan muncul.



Setelah gambar muncul kita bisa coba menu grayscale.



Kita bisa mengatur grayscale sesuai selera.


setelah dirasa cocok, kita bisa langsung menyimpan gambar yang telah di beri efek grayscale dengan cara mengklik save.


Project selesai...

Semoga tutorial yang saya berikan cukup mudah dipahami dan semoga dapat bermanfaat... 
See you next time .. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here