Thresholding merupakan salah satu metode segmentasi citra di mana prosesnya
didasarkan pada perbedaan derajat keabuan citra.
Berikut tatacara membuat thresholding citra
digital menggunakan program Matlab.
Langkah pertama dengan cara pilih menu home, pilih menu New kemudian pilih Graphical User Interface. Setelah muncul kita pilih Create New GUI plih Black GUI (Default) kemudian klik OK.
Langkah pertama dengan cara pilih menu home, pilih menu New kemudian pilih Graphical User Interface. Setelah muncul kita pilih Create New GUI plih Black GUI (Default) kemudian klik OK.
Langkakh
kedua kita membuat desain tampilan terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini.
Kemudian kita ubah pengaturan Property Inspestor pada tampilan dengan cara klik menu view. Ubah sesuai dengan ketentuan dibawah ini :
NO
|
Nama Komponen
|
Property
|
Nilai
|
1
|
Pushbutton
|
String
Tag
|
Open
Image
Pushbutton
1
|
2
|
Pushbutton
|
String
Tag
|
Grayscale
Pushbutton
2
|
3
|
Pushbutton
|
String
Tag
|
Save
Pushbutton
3
|
4
|
Slider
|
Min
Max
Tag
|
0
255
Slider1
|
5
|
Edit
Text
|
String
|
<kosongkan>
|
Maka tampilan akan berubah seperti dibawah
ini :
Langkah selanjutnya
kita tampilkan source coding dengan cara menyimpan terlebih dahulu
projek yang kita buat agar source coding bawaan muncul. Atau dengan cara
mengklik kanan salah satu Push Button kemudian pilih View Callbacks pilih
Callback.
Langkah selanjutnya kita masukan source coding disetiap komponen agar dapat berjalan sesuai perintah.
1.
Source Coding Pushbutton 1
(Open
Image)
|
function
pushbutton1_Callback(hObject, eventdata, handles)
[name_file1,name_path1]
= uigetfile( ...
{'*.bmp;*.jpg;*.tif','files of
type (*.bmp,*.jpg,*.tif)';
'*.bmp','file Bitmap
(*.bmp)';...
'*.jpg','file jpeg
(*.jpg)';...
'*.tif','file Tif
(*.tif)';...
'*.*','all files (*.*) '},...
'Open Image');
if
~isequal(name_file1,0)
handles.data1=imread
(fullfile(name_path1,name_file1));
guidata (hObject, handles);
axes (handles.axes1);
imshow (handles.data1);
else
return;
end
|
2.
Source Coding Pushbutton 2 (Grayscale)
|
function
pushbutton2_Callback(hObject, eventdata, handles)
image1=handles.data1;
gray =
rgb2gray(image1);
axes(handles.axes2);
imshow(gray);
handles.data2
= gray;
guidata
(hObject,handles);
|
3.
Slider 1
|
function
slider1_Callback(hObject, eventdata, handles)
gray =
handles.data2;
value = get
(handles.slider1,'value');
thresh =
imcomplement (im2bw(gray,value/255));
axes(handles.axes2);
imshow(thresh);
handles.data3=thresh;
guidata(hObject,handles);
set
(handles.edit1,'string',value)
if
isequal(get(hObject,'BackgroundColor'), get(0,'defaultUicontrolBackgroundColor'))
set(hObject,'BackgroundColor',[.9 .9 .9]);
end
|
4.
Source Coding Pushbutton 3 (Save)
|
function
pushbutton3_Callback(hObject, eventdata, handles)
thresh =
handles.data3;
[name_file_save,path_save]
= uiputfile(...
{'*.bmp','File Bitmap
(*.bmp)';...
'*.jpg','File jpeg
(*.jpg)';...
'*.tif','File Tif
(*.tif)';...
'*.*','All files (*.*) '},...
'Save Image');
if ~isequal
(name_file_save,0)
imwrite
(thresh,fullfile(path_save,name_file_save));
else
return
end
|
Selanjutnya kita RUN, dengan cara pilih
menu editor kemudian pilih menu RUN atau dengan cara mengklik f5 pada keyboard.
Untuk mencoba apakah program berjalan atau tidak kita klik open image
pilih gambar yang anda sukai kemudian klik open. jika program berhasil maka gambar yang telah dipilih akan muncul.
Setelah gambar muncul kita bisa coba menu grayscale.
setelah dirasa cocok, kita bisa langsung menyimpan gambar yang telah di beri efek grayscale dengan cara mengklik save.
Project selesai...
Semoga tutorial yang saya berikan cukup mudah dipahami dan semoga dapat bermanfaat...
See you next time .. :-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar