Langkah pertama dengan cara pilih menu home, pilih menu New kemudian pilih Graphical User Interface. Setelah muncul kita pilih Create New GUI plih Black GUI (Default) kemudian klik OK.
Kemudian kita ubah pengaturan Property Inspestor pada tampilan dengan cara klik menu view. Ubah sesuai dengan ketentuan dibawah ini :
NO
|
Nama Komponen
|
Property
|
Nilai
|
1
|
Pushbutton
|
String
Tag
|
Open
Image
Pushbutton
1
|
2
|
Pushbutton
|
String
Tag
|
Grayscale
Pushbutton
2
|
3
|
Pushbutton
|
String
Tag
|
Save
Pushbutton
3
|
4
|
Slider
|
Min
Max
Tag
|
0
255
Slider1
|
5
|
Edit
Text
|
String
|
<kosongkan>
|
Langkah selanjutnya kita masukan source coding disetiap komponen agar dapat berjalan sesuai perintah.
1.
Source Coding Pushbutton 1
(Open
Image)
|
function
pushbutton1_Callback(hObject, eventdata, handles)
[name_file1,name_path1]
= uigetfile( ...
{'*.bmp;*.jpg;*.tif','files of
type (*.bmp,*.jpg,*.tif)';
'*.bmp','file Bitmap
(*.bmp)';...
'*.jpg','file jpeg
(*.jpg)';...
'*.tif','file Tif
(*.tif)';...
'*.*','all files (*.*) '},...
'Open Image');
if
~isequal(name_file1,0)
handles.data1=imread
(fullfile(name_path1,name_file1));
guidata (hObject, handles);
axes (handles.axes1);
imshow (handles.data1);
else
return;
end
|
2.
Source Coding Pushbutton 2 (Grayscale)
|
function
pushbutton2_Callback(hObject, eventdata, handles)
image1=handles.data1;
gray =
rgb2gray(image1);
axes(handles.axes2);
imshow(gray);
handles.data2
= gray;
guidata
(hObject,handles);
|
3.
Slider 1
|
function
slider1_Callback(hObject, eventdata, handles)
gray =
handles.data2;
value = get
(handles.slider1,'value');
thresh =
imcomplement (im2bw(gray,value/255));
axes(handles.axes2);
imshow(thresh);
handles.data3=thresh;
guidata(hObject,handles);
set
(handles.edit1,'string',value)
if
isequal(get(hObject,'BackgroundColor'), get(0,'defaultUicontrolBackgroundColor'))
set(hObject,'BackgroundColor',[.9 .9 .9]);
end
|
4.
Source Coding Pushbutton 3 (Save)
|
function
pushbutton3_Callback(hObject, eventdata, handles)
thresh =
handles.data3;
[name_file_save,path_save]
= uiputfile(...
{'*.bmp','File Bitmap
(*.bmp)';...
'*.jpg','File jpeg
(*.jpg)';...
'*.tif','File Tif
(*.tif)';...
'*.*','All files (*.*) '},...
'Save Image');
if ~isequal
(name_file_save,0)
imwrite
(thresh,fullfile(path_save,name_file_save));
else
return
end
|
Untuk mencoba apakah program berjalan atau tidak kita klik open image
pilih gambar yang anda sukai kemudian klik open. jika program berhasil maka gambar yang telah dipilih akan muncul.
setelah dirasa cocok, kita bisa langsung menyimpan gambar yang telah di beri efek grayscale dengan cara mengklik save.
Project selesai...
Semoga tutorial yang saya berikan cukup mudah dipahami dan semoga dapat bermanfaat...
See you next time .. :-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar